Rabu, 04 Mei 2016

Tiket Kereta Api Online dan manfaatnya


Sebenarnya ada banyak sekali moda transportasi sebagai alat mobilitas penduduk. Namun sayang, Sarana transportasi umum yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat indonesia, terutama di pulau jawa, masih banyak yang belum cukup memadai.

Sebenarnya, kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang mendekati ideal. Namun sayangya masih belum banyak peminat kereta api lantaran dirasa ribet harus membeli tiket dan hal-hal lain yang dirasa ribet.

Masalah tiket, sekarang sudah teratasi dengan adanya tiket kereta api online. Tiket kereta api online merupakan trobosan baru dunia tiketing. Sesorang tetap bisa membeli tiket walaupun tidak datang ke loket secara fisik. Transaksi pembelian tiket pun tidak menggunakan uang secara fisik pula. Transaksi ini biasa disebut internet banking, mobile banking.

Pembelian tiket kereta api online ini hanya memerlukan smartphone atau perangkat lain yang bisa mengakses internet. Handphone misalnya, sekarang alat komunikasi seluler ini bukan hanya menjadi alat komunikasi seperti telepon dan pesan singkat saja tetapi sudah bisa melakukan pekerjaan layaknya sebuah PC, perangkat seluler ini kemudian disebut dengan smarphone. Jika tidak memilik Smartphone, pembelian tiket juga tetap bisa dilakukan melalui PC yang dapat terhubung ke jaringan internet.

Kemudahan membeli tiket kereta api online melalui situs-situs penyedia tiket online. Yang perlu dilakukan hanyalah mengakses website penjual tiket online yang terpercaya, lengkap, aman dan nyaman. Www.tiket.com misalnya, situs ini menyediakan layanan pembelian tiket secara online. Uniknya, bukan hanya tiket kereta api, disaat yang bersamaan pun bisa melakukan pemesanan tiket pesawat dan tiket lainnya seperti tiket konser dan tiket bioskop.

Manfaat yang dirasakan dengan membeli tiket kereta api secara online antara lain, bebas dari antrian. Siapa yang mau berlama-lama antre di depan loket. Dijaman yang serba praktis ini, dimana segala sesuatu bisa didapat secara instan budaya antre pun mulai hilang. Ini karena rekayasa teknologi informasi memungkinkan untuk mengurai antean dengan lebih baik. Dengan kata lain, pembelian tiket kereta api secara online berarti ada penghematan waktu disana.

Manfaat lainnya adalah kemudahan dalam pembayaran. Terkadang pada saat berada di loket entrean tiket kereta api diminta untuk membayar dengan uang pas sedangkan uang yang ada di dompet ada hanya uang pecahan 100 ribuan. Terkadang ada oknum yang memanfaatkan ini, membulatkan harga tiket, misal tiket yang harganya IDR 49.000 jadi 50.000. Hal ini tidak akan terjadi jika pemesanan tiket kereta api atau tiket pesawat dilakukan secara online. System online sudah terhubung dengan perbankan, pembayaran bisa dilakukan melalu ATM atau Kartu Kredit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar