Sabtu, 07 Mei 2016

Perubahan Bentuk Tiket Kereta Api Dari Masa Ke Masa

Jika anda membaca postingan saya yang berjudul Tiket Kereta Api Dari Masa Ke Masa rasanya pembahasan saya pada postingan kali ini merupakan lanjutan atau sambungan dari postingan saya yang sebelumnya itu.

Membahas Perubahan Bentuk Tiket Kereta Api Dari Masa Ke Masa tidak lepas dari pengetahuan sejarah pembuat tiket kereta api yaitu Thomas Edmondson. Sejatinya Thomas Edmondson hanyalah seorang pengrajin furnitur. Beliau merupakan seorang kepalas stasiun kereta api di Newcastle dan Carlisle, Inggris dan memperkenalkan sebuah sistem validasi pembayaran karcis/tiket kereta api serta sistem akunting yang baru, sistem ini disebut juga dengan Edmondson dan jenis tiket keretanya juga disebut dengan tiket Edmondson.

Tiket kereta api Edmondson memiliki bentuk fisik yang kecil, kira-kira berukuran 3x6 cm saja. Ukurannya yang mungil ini membuatnya mudah dimasukkan di saku celana atau dompet. Sayangnya, dengan ukuran yang mungil ini membuatnya kerap kali terselip disuatu tempat kemudian hilang. Saya sendiri pernah mengalaminya, untungnya masih bisa ditemukan jadi masih slamat dari pantauan petugas karcis yang selalu keliling.

Tiket kereta api Edmondson memiliki ketebalan yang lebih karena kertas tiketnya terbuat dari kertas karton yang tebal.

Berbeda dengan sekarang, karcis atau tiket kereta api berbentuk selembar kertas yang lebar dan sudah tertera nama si pembeli tiket. Bahkan, anda dilarang memiliki tiket yang nama kartu identitasnya berbeda dengan nama tiketnya.

Tiket Kereta Api jenis edmonson sudah tidak dipakai lagi dengan alasan kurang ekonomis. Jika komper dengan bentuk fisik tiket kereta api jaman sekarang pasti akan sangat jauh berbeda ukurannya dan jenis kertas yang digunakan. Tiket kereta api sekarang secara fisik mirip sebuah faktur pembelian yang dilengkapi dengan nama pembeli/penumpang, tujuan, awal dan akhir dan lain-lain.

Pembelian tiket kereta api pada tempo dulu dengan sekarang pun mengalami perubahan. Sesuai dengan perkembangan tieknologi, sekarang, anda bisa membeli tiket kereta api secara online sebagai contoh di situs http://www.tiket.com/kereta-api. Copy saja alamat URL yang saya ketik itu dan paste pada halaman web browser anda.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar